Allah + You = Enough

Allah + You = Enough

Sunday, April 25, 2010

Kandungan Rokok dan Akibatnya

Rokok adalah benda beracun yang memberi efek santai dan sugesti merasa lebih jantan. Di balik kegunaan atau manfaat rokok yang secuil itu terkandung bahaya yang sangat besar bagi orang yang merokok maupun orang di sekitar perokok yang bukan perokok.

1. Asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia yang 200 diantaranya beracun dan 43 jenis lainnya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh. Beberapa zat yang sangat berbahaya yaitu tar, nikotin, karbon monoksida, dsb.
Bahaya Rokok
2. Asap rokok yang baru mati di asbak mengandung tiga kali lipat bahan pemicu kanker di udara dan 50 kali mengandung bahan pengeiritasi mata dan pernapasan. Semakin pendek rokok semakin tinggi kadar racun yang siap melayang ke udara. Suatu tempat yang dipenuhi polusi asap rokok adalah tempat yang lebih berbahaya daripada polusi di jalanan raya yang macet.

3. Seseorang yang mencoba merokok biasanya akan ketagihan karena rokok bersifat candu yang sulit dilepaskan dalam kondisi apapun. Seorang perokok berat akan memilih merokok daripada makan jika uang yang dimilikinya terbatas.

4. Harga rokok yang mahal akan sangat memberatkan orang yang tergolong miskin, sehingga dana kesejahteraan dan kesehatan keluarganya sering dialihkan untuk membeli rokok. Rokok dengan merk terkenal biasanya dimiliki oleh perusahaan rokok asing yang berasal dari luar negeri, sehingga uang yang dibelanjakan perokok sebagaian akan lari ke luar negeri yang mengurangi devisa negara. Pabrik rokok yang mempekerjakan banyak buruh tidak akan mampu meningkatkan taraf hidup pegawainya, sehingga apabila pabrik rokok ditutup para buruh dapat dipekerjakan di tempat usaha lain yang lebih kreatif dan mendatangkan devisa.

5. Sebagian perokok biasanya akan mengajak orang lain yang belum merokok untuk merokok agar merasakan penderitaan yang sama dengannya, yaitu terjebak dalam ketagihan asap rokok yang jahat. Sebagian perokok juga ada yang secara sengaja merokok di tempat umum agar asap rokok yang dihembuskan dapat terhirup orang lain, sehingga orang lain akan terkena penyakit kanker.

6. Kegiatan yang merusak tubuh adalah perbuatan dosa, sehingga rokok dapat dikategorikan sebagai benda atau barang haram yang harus dihindari dan dijauhi sejauh mungkin. Ulama atau ahli agama yang merokok mungkin akan memiliki persepsi yang berbeda dalam hal ini.

Kesimpulan :
Jadi dapat disimpulkan bahwa merokok merupakan kegiatan bodoh yang dilakukan manusia yang mengorbankan uang, kesehatan, kehidupan sosial, pahala, persepsi positif, dan lain sebagainya. Maka bersyukurlah anda jika belum merokok, karena anda adalah orang yang smart / pandai.

Ketika seseorang menawarkan rokok maka tolak dengan baik. Merasa kasihanlah pada mereka yang merokok. Jangan dengarkan mereka yang menganggap anda lebih rendah dari mereka jika tidak ikutan ngerokok. karena dalam hati dan pikiran mereka yang waras mereka ingin berhenti merokok.

Klik 2 kali untuk memperbesar gambar


"Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin."


Meskipun masyarakat sudah mengetahui dengan jelas akibat merokok tapi kebiasaan itu tetap saja dilakukan. Ada yang beralasan kepala pusing kalau sehari tidak merokok, ada yang buat supaya lebih percaya diri, ada pula yang hanya sekedar buat gaya-gayaan.



Banyak upaya yang dilakukan pemerintah dalam upaya mengurangi jumlah perokok namun tetap saja tak efektif.

Padahal banyak sekali penyakit yang akan menyerang manusia akibat merokok karena asap rokok yang dihirup seorang perokok mengandung komponen gas dan partikel. Partikel yang dibebaskan selama merokok sebanyak 5 x 109 pp. Komponen gas terdiri dari karbon monoksida, karbon dioksida, hidrogen sianida, amoniak, oksida dari nitrogen dan senyawa hidrokarbon. Adapun komponen partikel terdiri dari tar, nikotin, benzopiren, fenol, dan kadmium.Yang mana semua zat tersebut adalah berbahaya bagi manusia.

Partikel asap rokok, seperti benzopiren, dibenzopiren, dan uretan, dikenal sebagai bahan karsinogen yang mana dapat menyebabkan kanker. Untuk nikotin selain menyebabkan ketagihan merokok, juga merangsang pelepasan adrenalin, meningkatkan frekuensi denyut jantung, tekanan darah, kebutuhan oksigen jantung, serta menyebabkan gangguan irama jantung. Nikotin juga mengganggu kerja saraf, otak, dan banyak bagian tubuh lainnya.Rokok juga mengandung karbonmonoksida (CO) yang dapat menggantikan tempat oksigen di hemoglobin, mengganggu pelepasan oksigen, dan mempercepat aterosklerosis (pengapuran/penebalan dinding pembuluh darah). Dengan demikian, CO menurunkan kapasitas latihan fisik, meningkatkan viskositas darah, sehingga mempermudah penggumpalan darah. Dan masih banyak lagi kandungan zat berbahaya yang efeknya tak kalah seram bagi tubuh manusia.

Penyakit seperti stroke, hepatitis juga banyak di- akibat - kan oleh rokok. Bahkan merokok juga dapat menyebabkan seorang penderita HIV lebih mudah terkena AIDS.Penurunan kekebalan tubuh pada perokok menjadi pencetus lebih mudahnya terkena AIDS sehingga berhenti merokok penting sekali dalam langkah pertahanan melawan AIDS.


berikut merupakan gambar akibat merokok yang dipublikasikan oleh badan kesehatan dunia.

Klik 2 kali untuk memperbesar gambar
 
Di dalam Al-qur'an juga terdapat ayat yang pemahamannya bahwa kita tidak boleh merusak diri kita dengan tangan kita sendiri yaitu surat Al-baqarah ayat 195:

وَأَنْفِقُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلَا تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ ۛ وَأَحْسِنُوا ۛ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ 

Dan infakkanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kalian menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, (karena) sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berbuat baik. 

Maksud dari ayat itu adalah kita tidak boleh membelanjakan atau membeli sesuatu yang akan merusak tubuh kita ke dalam kebinasaan. Maaf jika ada kata-kata yang kasar karena Admin juga meng-copy dari sumber lain, tapi sejatinya hal itu semua adalah demi pembaca semua agar pembaca lebih cerdas dalam membelanjakan harta karena pasti akan diminta pertanggung jawabannya di akhirat. Terima kasih.

Sumber:
http://organisasi.org

12 comments :

  1. keren gan
    seep deh postingan nya

    ReplyDelete
  2. baru tahu aku ('o')

    ReplyDelete
  3. iya jadi banayk tau nih blog yg memberikan pengehuan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama sob :)
      mari kita manfaatkan media ini :)

      Delete
  4. Syukron jazilan.. jazakallohu khoyr

    ReplyDelete
  5. saya ingin berhenti

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus sekali :)
      diaman ada kemauan pasti ada jalan ;)

      Delete
  6. gan kenapa gak disosialisasikan ke sekola2, atau mahasiswa ini pentinggan

    ReplyDelete
  7. Sangat membantu sekali....smoga para perokok melihat blog ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih :)
      Semoga mereka bisa sadar betapa bahayanya rokok :)

      Delete

Jangan lupa komentarnya yaaah ;D
Bisa juga comment as Anonymous(Tanpa nama), jika tidak ada akun atau blog. Bisa juga mengomentari dengan Akun Facebook di kolom paling bawah :)

Your Comment (Facebook, Yahoo, AOL or Hotmail)