Monday, July 19, 2010

Inilah Jejak Sejarah Golden Globe

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Asal usul pembentukan Hollywood Foreign Press Association (HFPA), wadah penyelenggara ajang Golden Globe, berawal dari sekelompok wartawan yang berkeinginan memberikan aspek akurat bagi dunia hiburan.



Di awal tahun 1940-an ketika perang Pearl Harbor pecah, masyarakat seakan haus akan hiburan. Lalu para pembuat film seperti Orson Welles, Preston Sturges, Darryl Zanuck dan Michael Curtiz bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan itu.

Di tengah kekacauan perang dan kesulitan ekonomi dan jalur komunikasi yang terbatas, sekelompok wartawan di Los Angeles bersatu untuk berbagi kontak, informasi  dan materi.
Gagasan ini tentu bukan hal yang baru. Sebelumnya, pada tahun 1928 the Hollywood Association of Foreign Correspondents (HAFCO) telah dibentuk.

Pada tahun 1935, Perhimpunan Pers Asing pun muncul. Keduanya hanya bertahan sebentar. Meski begitu keberanian itu sempat ditunjukan ketika HAFCO  menghadirkan Charlie Chaplin, Mary Pickford dan selebriti lainnya untuk muncul di Ball International yang  dilangsungkan di  Hollywood Roosevelt Hotel.

Pada tahun 1943 para wartawan, yang dipimpin oleh koresponden Daily Mail, membentuk Asosiasi Wartawan Asing Hollywood  (the Hollywood Foreign Correspondents Association) yang mengusung moto "Persatuan Tanpa Diskriminasi Agama atau Ras."

Hal itu menjadi perjuangan yang cukup berat, mengingat industri film belum menyadari pentingnya pasar luar negeri. Awalnya anggota mengadakan pertemuan informal di rumah-rumah pribadi. Setelah keanggotaan mulai tumbuh,  komunitas ini  memilih lokasi yang lebih luas untuk mengadakan pertemuan yang lebih besar. Lokasi yang dipilih adalah Hollywood Roosevelt Hotel.

Nah, sebagai wakil dari dunia pers, anggota kelompok ini akhirnya merasa punya kewajiban mereka untuk memberikan penilaian mereka sebagai penonton ke Hollywood produksi terbaik.
Pada awal 1944  dalam sebuah upacara informal di 20th Century Fox,  perkumpulan ini kemudian memberikan penghargaan pertamanya kepada Jennifer Jones sebagai Aktris Terbaik untuk penampilannya dalam film "The Song of Bernadette". Film ini juga  dinobatkan sebagai Film Terbaik.  Aktor Paul Lukas membawa pulang kemenangan untuk Aktor Terbaik untuk filmnya "Watch on the Rhine".  

Tahun berikutnya, para anggota asosiasi mengadakan sebuah kontes untuk menemukan desain  piala yang akan menjadi simbol Golden Globe. Marina Cisternas, Presiden asosiasi periode 1945-1946, menyampaikan gagasan mengenai konsep bentuk piala, yang hingga kini masih digunakan. 

Masih ada kaitannya dengan Golden Globe, Hollywood Asosiasi Wartawan Asing mengadakan gala pertama acara sosial di tahun 1945 dengan jamuan makan resmi di Beverly Hills Hotel. "Going My Way" memenangkan untuk Best Picture, sementara Ingrid Bergman dan diberi nama Alexander Knox Aktris Terbaik dan Aktor Terbaik untuk penampilan mereka dalam "The Bells of St Mary" dan "Presiden Wilson,".

Pada tahun 1950, perbedaan filosofi terjadi antara anggota sehingga menciptakan perpecahan dalam organisasi, mengakibatkan terpecah menjadi dua kelompok terpisah - The Hollywood Foreign Correspondents Association dan  the Foreign Press Association of Hollywood

Hanya beberapa waktu saja mereka berpisah, setelah itu para wartawan itu bergabung kembali pada tahun 1955 dengan membentuk "The Hollywood Foreign Press Association" (HFPA) dengan menyiapkan pedoman dan persyaratan perusahaan untuk keanggotaan.

Ada hal penting lainnya dalam sejarah Golden Globe. Pada tahun 1951 asosiasi memutuskan untuk membagi film terbaik, aktor dan aktris nominasi menjadi dua kategori - drama, dan musik atau komedi - sehingga tidak ada genre akan diremehkan. Pada tahun 1952, HFPA membuat Cecil B. DeMille Award, penghargaan ini diberikan sebagai bentuk penghormatan kepada mereka yang telah berjasa memberikan kontribusi terhadap kemajuan perfilman. Penerima penghargaan pertama adalah DeMille sendiri.

Pada tahun 1955, Golden Globe mulai mengapresiasi prestasi di bidang televisi maupun film. Penghargaan pertama dalam kategori Best Television Show tahun itu "Dinah Shore," "Lucy & Desi," "The American Comedy" dan "Davy Crockett." Pada tahun 2007, The Golden Globe memprakarsai kategori "Best Animated Feature Film" dan tahun pertama film unggulannya adalah "Cars," "Happy Feet" dan "Monster House."

Hari ini, Golden Globe mengakui prestasi dalam 25 kategori; 14 di film dan 11 di televisi. Dick Clark Production telah menghasilkan ajang Golden Globe sejak tahun 1983.

Untuk mewarisi kecintaan keluarga bintang-bintang Hollywood terhadap ajang ini, Pihak HFPA  juga memberikan pilihan tahunan untuk Miss atau Mr Golden Globe, putri atau putra para bintang terkenal Hollywood. Penghargaan Miss Golden Globe diberikan misalnya kepada Laura Dern (putri Diane Ladd dan Bruce Dern), Joely Fisher (putri Connie Stevens dan Eddie Fisher), Melanie Griffith (putri Tippi Hedren) dan tahun lalu penghargaan diberikan kepada Lorraine Nicholson (putri Jack Nicholson). Sebelumnya Mr Golden Globe termasuk John Clark Gable dan Freddie Prinze, Jr.

Hari ini anggota Hollywood Foreign Press Association mewakili sekitar 55 negara dengan pembaca gabungan lebih dari 250 juta. Publikasi mereka termasuk surat kabar dan majalah terkemuka di Eropa, Asia, Australia dan Amerika Latin, mulai dari Daily Telegraph di Inggris untuk Le Figaro di Perancis, L'Espresso di Italia dan Vogue di Jerman serta China Times dan pan-Arab majalah Kul Al Osra.
The Hollywood Foreign Press Association Golden Globe Awards tahunan telah mengaktifkan organisasi nirlaba ini untuk menyumbangkan lebih dari 10,5 juta dollar AS dalam lima belas tahun terakhir.  Pada tahun 2009 sumbangan yang diberikan mencapai  1,2 juta dolar. Jumlah  terbesar yang pernah didistribusikan dalam sejarah organisasi. (sumber goldenglobes.org/tania)

No comments :

Post a Comment

Jangan lupa komentarnya yaaah ;D
Bisa juga comment as Anonymous(Tanpa nama), jika tidak ada akun atau blog. Bisa juga mengomentari dengan Akun Facebook di kolom paling bawah :)

Your Comment (Facebook or Yahoo)