Allah + You = Enough

Allah + You = Enough

Tuesday, March 29, 2016

Asal mula nama iMac dan kampanye Think Different


Pernahkah Anda bertanya-tanya siapa yang memberikan nama iMac kepada komputer keluaran Apple tersebut? Atau siapa yang menciptakan kampanye Think Different yang populer di akhir tahun ‘90an? Tahukah Anda bahwa keduanya dicetuskan oleh orang yang sama? Apple memang telah lama menggunakan TBWA\Chiat\Day sebagai agensi pilihan Apple, namun selain dari Lee Clow yang merupakan pimpinan perusahaan, jarang ada nama yang mencuat dari agensi tersebut di luar dunia periklanan. Cult of Mac punya jawabannya. Leander Kahney mewawancarai Ken Segall, sosok yang penting dalam sejarah Apple di tahun ‘90an. Sebagai Creative Director di TBWA\Chiat\Day pada masa itu, dia lah yang meyakinkan Steve Jobs bahwa nama iMac adalah nama yang tepat untuk produk barunya saat itu dan dia lah yang menyelamatkan Apple dengan kampanye iklan Think Different.
Di tahun 1997, Apple baru saja menuntaskan pembelian NeXT, perusahaan milik Steve Jobs yang didirikannya setelah keluar dari Apple di tahun 1985. Namun dengan pembelian tersebut, Apple masih memiliki permasalahan yang sangat besar yaitu potensi kebangkrutan dalam enam bulan. Steve Jobs yang diangkat sebagai konsultan pada saat itu langsung sibuk berusaha menyelamatkan perusahaan pertamanya.
Kampanye Think Different menjiwai hal yang dijunjung tinggi Apple sebagai perusahaan yang berbeda dengan perusahaan komputer lainnya. Dengan mengangkat tokoh-tokoh historis, Think Different mengembalikan semangat yang dimiliki Apple dan penggunanya.
iMac adalah satu dari lima nama yang ditawarkan oleh Segall kepada Steve Jobs. Empat nama lain dijadikan tumbal agar Jobs mau menerima iMac sebagai nama pilihan, namun iMac pun ditolak dua kali. Menurut Segall, Jobs tidak pernah secara formal menerima nama iMac namun tiba-tiba nama tersebut muncul di komputer bundar berwarna biru pada bulan Mei 1998.

sumber: megindo

No comments :

Post a Comment

Jangan lupa komentarnya yaaah ;D
Bisa juga comment as Anonymous(Tanpa nama), jika tidak ada akun atau blog. Bisa juga mengomentari dengan Akun Facebook di kolom paling bawah :)

Your Comment (Facebook or Yahoo)