Saturday, August 10, 2013

Atasi Problematika Listrik Anda dengan TRIDINAMIKA

Tridinamika Blog Kontes 2013Admin cukup jengkel dengan masalah listrik yang terus terjadi di Indonesia ini. PC admin terkadang mengalami troubleshooting ketika listrik harus mati secara mendadak baik melalui pemadaman listrik maupun turunnya spanning. Yang lebih parahnya lagi adalah alat-alat elektronik yang lain suka kegirangan untuk berhenti kerja kalau sudah terjadi pemadaman listrik. Jika lama-lama seperti ini berapa banyak biaya yang harus Admin keluarkan untuk memperbaiki semua alat-alat tersebut. Apakah bisa Admin menuntut PLN sebagai korban atas ketidaknyamanan terhadap layanan konsumen? karena pemadaman listrik berdampak pada kerusakan alat elektronik yang Admin miliki.

Memang pentingnya listrik dalam kehidupan  tidak bisa kita pungkiri karena kebutuhan masyarakat terhadap listrik bukan lagi merupakan kebutuhan sekunder, tapi sudah merupakan kebutuhan primer yang selama 24 jam kita membutuhkannya. Segala sesuatunya memerlukan listrik bahkan nanti Dahlan Iskan juga akan meluncurkan mobil listrik yang juga mempengaruhi tingkat kebutuhan listrik Indonesia tentunya. Dengan terjadinya hal tersebut tidak heran apabila penurunan tegangan (voltage collapse) terjadi di Indonesia, karena semua kalangan membutuhkan listrik dan pembangkit listrik yang ada sama sekali tidak sebanding dengan peningkatan konsumsi listrik yang berujung pada pemadaman bergilir.

Kita bisa lihat bagaimana sejarah pelistrikan di Indonesia. Mulai dari zaman Belanda hingga sekarang, tidak begitu banyak bendungan dan pembangkit yang dibangun. Seharusnya pemerintah tanggap akan hal ini. Sedangkan jumlah penduduk terus bertambah dan kebutuhan akan listrik juga bertambah begitu pesat tapi perkembangan listrik di Indonesia tidak bisa memacu perkembangan kebutuhan listrik di Indonesia. Admin sungguh iri terhadap negara tetangga seperti Singapur yang hampir tidak mengalami pemadaman listrik sama sekali. Admin sempat menanyakan pada teman Admin yang berdomisili di Singapur tantang bagaimana masalah pemadaman listrik di Singapur dan dia dengan enteng menyebutkan bahwa selama dia tinggal di Singapur dari kecil hingga sekarang hanya 1 kali mengalami pemadaman listrik, dan itu pun hanya berlangsung selama 5 menit. Dia menjelaskan kembali bahwa dalam 5 menit ketika itu, banyak orang yang merasa bahwa itu adalah hari kiamat, karena kejadian seperti itu tidak pernah terjadi sebelumnya. 

Namun pemadaman listrik yang sering terjadi di Indonesia ini, yang dianggap seperti kiamat bagi Singapur, dirasakan hampir setiap hari akhir-akhir ini oleh warga negara Indonesia khususnya Admin yang berdomisili di Pekanbaru. Tentunya hal ini harus diatasi dengan solusi yang tepat. Jika hanya menyalahkan pemerintah tentu tidak akan ada gunanya, oleh karena itu, solusi dini yang paling logis yang bisa kita lakukan adalah memulai sesuatu dari diri kita sendiri yaitu dengan cara menghemat pemakaian listrik kita. Dalam hal ini, Admin menyarankan untuk menggunakan jasa alat ukur dan instrumentasi TRIDINAMIKA. Kenapa TRIDINAMIKA? Karena TRIDINAMIKA merupakan perusahaan terdepan di Indonesia dalam menangani problematika pelistrikan di Indonesia yang dibantu oleh tenaga ahli yang handal daam bidangnya dan TRIDINAMIKA juga telah memenuhi syarat dari konsep Pembangunan Berkelanjutan (Suitainable Development) yang telah di-implementasikan di dunia Internasional, dalam hal ini TRIDINAMIKA bisa memberikan solusi untuk saat ini dan juga sekaligus memberikan solusi untuk program jangka panjang atau dengan kata lain TRIDINAMIKA tidak hanya memperhatikan bagaimana pemanfaatan listrik (Power Management) itu sendiri tetapi juga memperhatikan bagaimana keselamatan lingkungan manusianya (Human Safety Environment Clinic). Hal ini merupakan hal yang harus kita perhatikan dan ini merupakan program jangka panjang yang berguna, bukan hanya untuk kita tetapi juga berguna untuk generasi penerus kita.

Sebelum hal buruk terjadi, tentunya perlu bagi kita untuk melakukan tindakan preventif yang bisa kita dapatkan dari Tridinamika. Dalam hal ini anda tidak perlu memikirkan tentang kualitas sumberdaya manusianya (Human Resources Quality) atau masalah tegnologi yang digunakan, karena Tridinamika telah diakui sebagai ahli dalam jasa pengukuran (Measuring Service) dan pemasok instrument ukur di Indonesia.

Manfaat Teknis yang akan anda peroleh adalah:
  • Berkurangnya resiko kebakaran akibat hubung pendek listrik 
  • Membantu pengguna dalam melakukan pencegahan penyebaran polusi jaringan listrik
  • Penambahan lifetime dan reliabilitas peralatan 
  • Pengguna dapat secepatnya menentukan penyebab terjadinya kerusakan, apakah dari kualitas powerline ataukah dari gejala mekanis
  • Mengurangi resiko terjadinya premature downtime (kerusakan dini) pada berbagai komponen elektrik. 
  • Pengguna dapat secepat mungkin menentukan solusi yang paling tepat untuk menanggulangi permasalahan powerline quality
  • Membantu anda dalam melakukan pencegahan penyebaran polusi jaringan listrik
  • Anda dapat secepat mungkin menentukan solusi yang paling tepat untuk menanggulangi permasalahan powerline quality
  • Penambahan lifetime dan reliabilitas peralatan yang berbasis komputer
  • Membantu pengguna dalam melakukan managemen pembebanan
  • Membantu anda dalam melakukan management pembebanan

Manfaat Non Teknis yang akan anda peroleh adalah:
  • Penurunan kualitas produksi yang berlebih dapat dihindari
  • Penghematan biaya maintenance mesin-mesin produksi hingga ratusan juta rupiah tiap tahunnya.
  • Penghematan energy yang signifikan (energy saving)
  • Langkah awal dalam tahapan audit energi telah terpenuhi

Untuk mendapatkan segala layanan diatas anda bisa menggunakan jasa dari TRIDINAMIKA yang selalu siap sedia memberikan pelayanannya berupa jasa pengukuran (measuring service) dan juga menawarkan produk-produk instrumen pengukuran listrik dari seluruh dunia yang mana hal ini sesuai dengan visi TRIDINAMIKA itu sendiri yaitu "Be a center of instrument that provide many brands and products from all around the world of the test and measuring instrument". Dalam membantu kinerja TRIDINAMIKA dalam melayani anda, TRIDINAMIKA juga dilengkapi dengan berbagai macam instrument ukur digital yang oke punya. Anda bisa melihat berbagai macam instrumen pengukuran dari TRIDINAMIKA disini lengkap dengan spesifikasi, keakurasian, keistimewaan alat dan juga kegunaannya.

TRIDINAMIKA memilki berbagai macam alat ukur yang lengkap dalam masalah pengukuran, analisa dan memberikan solusi yang tepat untuk listrik anda. Anda tidak perlu bingung akan hal itu. Biarkan TRIDINAMIKA mengatasi semua masalah kelistrikan perusahaan, kantor dan rumah anda. Mari atasi semua itu bersama partner yang tepat dalam membina lingkungan kerja yang lebih aman dan nyaman.

Dua jenis produk yang tidak kalah terkenal dari TRIDINAMIKA adalah produk yang berasal dari pengembang AGILENT Technologies dan FLUKE. AGILENT Technologies atau lebih dikenal dengan Agilent adalah perusahaan yang berkedudukan di California, Amerika yang sengaja mendesain mengembangkan dan memproduksi instrument pengukuran elektronik dan bio-analistis untuk membantu perusahaan lainnya dalam mencapai performa terbaiknya baik dalam segi efesiensi energi, produktifitas dan kenyamanan lingkungan kerja.

Sebagaimana yang kita ketahui, Fluke dikenal sebagai pengembang Intrenasional yang sengaja mendedikasikan produk-produknya untuk kepentingan perusahaan yang akan beranjak menuju taraf internasional dan mendapat sertifikat ISO sebagai pijakan pertama mereka untuk Go International. Pelayanan mereka meliputi test, pengukuran dan kalibrasi peralatan secara berkesinambungan dan keakuratan yang tidak perlu diragukan.


PT. TRIDINAMIKA JAYA INSTRUMENT 
Jalan Boulevard Raya Blok BA3 No.15 Gading Serpong
Tangerang 15810, Jakarta, Indonesia
Phone : 62-21-546 7617, 5467618, 5421 2399, 5421 2402
Fax : 62-21-546 7617
Email : tridi@tridinamika.com

Sengaja Admin memposting masalah ini selain berkaitan dengan lomba, tulisan ini juga ditujukan kepada jajaran pemerintah sebagai kritik guna memperbaiki dan membangun pelistrikan di Indonesia, dan juga menginformasikan kepada pembaca dan khususnya diri Admin sendiri untuk lebih tanggap akan masalah penghematan listrik, karena Admin menyadari bahwa kita harus melakukan hal ini bersama-sama baik pemerintah maupun rakyatnya. Mungkin menghemat listrik merupakan hal kecil, tetapi jika kita lakukan bersama-sama akan menjadi sesuatu yang besar untuk kepentingan kita bersama. Mari berhemat :) Untukmu, Untukku dan Untuk Indonesia.


Sumber:
Okezone.com (Dosen Beri Solusi Pemadaman Bergilir)
Okezone.com (Pemadaman Listrik di Pekanbaru, Riau)
PLN.co.id (Elektronik Rusak karena Pemadaman)
En.wikipedia.org (Pembangunan Berkelanjutan)
Tridinamika.com (Jasa Pengukuran Tridinamika)
AGILENT Technologies (Perusahaan)
Fluke (Fluke Company)

85 comments :

  1. hal kecil untuk masa deban yang jauh lebih besar...

    ReplyDelete
  2. Subahanallah, bagus sekali postingannya. selain memberikan solusi untuk penghematan listrik, juga menyadarkan pemerintah kita agar lebih tanggap lg dalam masalah penghematan listrik ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukron ya Ukktii :)
      mari kita mulai dari hal yang kecil untuk kepentingan yang lebih besar :)

      Delete
  3. Luar biasa dengan penggunaan tridinamika dpat mnjd salah satu alternatif penghematan untuk penggunaan daya listrik... Nice^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih telah berkunjung dan membaca tulisan saya :)

      Delete
  4. wah, rakyat udah keseringan berhemat gan. Hemat bahan bakar, hemat beli cabe, hemat beras. Kasian rakyat harus dipaksa hemat terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener gan.. :)
      cuma disini ane cuma pengen ngasih solusi yang terbaik untuk kita semua. memang dalam hal ini yang paling diuntungkan pasti yang mengkonsumi listrik lebih banyak (perusahaan) tapi.. jika kita ga melakukan jalan keluar sedini mungkin rakyat juga kena imbasnya gan. Seperti pemadaman bergilir yang kita alami skarang :)

      Delete
  5. Ide bagus niihh :D
    klo bisa mah aku kasi tau ke Pemerintah nih ttg ini.
    semoga aja pemerintah bisa baca :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sist :)
      btw,.., cara sist ngasih taunya gimana ya...? :P he he

      Delete
    2. haha :D ntar saya tlfon, ato smsin, ato kirimin surat. ato kirim via newspaper :D u are welcome by the way :D

      Delete
  6. Semangat Perubahan ..uk menjadi lebih baik...@.unt

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks Sutarno Arno :)
      Semoga ini bisa jadi solusi yang bagus ;)

      Delete
  7. great idea :D
    cemungut !

    ReplyDelete
  8. nice artikel bro,setiap masalah ada solusinya.

    ReplyDelete
  9. waduh, ane bisa benerin komputer2 ma server, tapi sayangnya ane ga pernah tau soal elektronika neh :hammer: :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. smoga dengan membaca artikel ini, menambah wawasan loe gan :D he he

      Delete
  10. Ijin baca dulu,, belum ngeeehh,,
    btw, nice post masbro,, gudlak! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo.... :)
      Kritik dan saran diharapkan ;)
      bagus juga blog Tipe Handphonenya :D
      cool

      Delete
  11. keren nih,,,memang harus ada solusi,,dan setelah dibaca dari awal hingga akhir,,
    this is ONE of the Electricity Solution!
    kenapa nggak di coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks banget brother :D
      nice having you as the one who gave comment here :D

      Delete
  12. cara kerja Tridinamika ini gmna sich bro ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tridinamika melakukan pelayanan pengukuran listrik (Measuring Service), dari pelayanan tersebut mereka adakan menganalisa bagaimana konsumsi listrik kita, hala apa saja yg bisa kita hindari untuk mencegah arus pendek yang menyebabkan kebakaran yang akhir-akhir ini sering terjadi dan juga membantu kita dalam energy management, gitu bro :)
      Saran nih deh.. TRIDINAMIKA di tempat kerjanya si bro.. :D
      biar efesiensi pemakaian listriknya lebih teratur :D

      Delete
  13. Yup, benar sekali..hal dini yang bisa kita lakukan untuk menangani masalah kelistrikan ini adalah menghemat listik mulai dari skrg. :). contohnya : matikan perangkat elektronik sprti ac/kipas angin ketika kita tidak berada diruangan ditmpt alat trsbut berada

    btw tridnamika ini semacam pnegatur arus ya? alat yang mengatur agar segala arus listrik yang kita punya, lalu dikirim/dibagi2 sesuai kebutuhan alat ektronik..begitu kah?

    Nice blog. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda benar sekali, Hemat Listrik adalah solusi dini yang sangat mungkin untuk kita lakukan. :)

      Tridinamika adalah suatu perusahaan yang dapat anda andalkan untuk menganalisa berbagai problematika listrik dan energy dan juga memberikan solusi atas beragam penyakit listrik yang anda hadapi. TRidinamika juga menawarkan produk-produk pengukur dan peng-analisa sistem atau jaringan listrik di rumah atau di kantor tempat anda berkerja :)

      Untuk lebih mengenal apa itu TRIDINAMIKA, anda bisa mengunjungi situsnya di http://www.tridinamika.com dan berikut alamanya :)

      PT. TRIDINAMIKA JAYA INSTRUMENT
      Jalan Boulevard Raya Blok BA3 No.15 Gading Serpong
      Tangerang 15810, Jakarta, Indonesia
      Phone : 62-21-546 7617, 5467618, 5421 2399, 5421 2402
      Fax : 62-21-546 7617
      Email : tridi@tridinamika.com

      Mungkin jika lain kali jika ingin berkomentar, bisa menggunakan pilihan "Name/URL" supaya Admin bisa lebih mengenal siapa pembaca blog :)

      Atas Kunjungannya
      Terima Kasih :)

      Delete
    2. Untuk menghemat penggunaan listrik kita juga bs menggunakan cara lain dengan menggunakan batrai/aki tapi untuk menggunakan itu mempunya kelemahan yaitu aki/batrai tidak akan bisa menahan beban aliran yang disalurkan selain itu aki/batrai akan cepat habis apabila kita gunakan secara rutin........
      Usulan saya mohon dikoreksi

      Delete
    3. bisa jadi itu menjadi solusi, tapi bagaimana dengan perusahan besar? menggunakan Aki bukan solusi yang tepat. Makanya Admin menawarkan jasa dati Tridinamika karena mereka memiliki tenanga profesional yang memang ahli dalam menangani masalah listrik dan memberikan solusi agar pemakaian listrik dalam suatu perusahaan lebih efesien :)

      Delete
    4. Seharusnya TRIDINAMIKA bisa mempromosikan/mendatangi daerah2 yang mungkin belum tau akan TRIDINAMIKA.....
      Contohnya di daerah saya PASIRPANGARAIAN.....
      Dari sekian banyak keluarga mungkin hanya 1 dari 100 keluarga yang tau tentang TRADINAMIKA........
      Maka seharusnya yang harus di lakukan perusahaan adalah dengan mendatangi suatu daerah untuk memperkenalkan alat yang mereka punya sehingga masyarakat bs mengerti dan tau akan TRADINAMIKA TERSEBUT......

      Delete
    5. ha ha :D
      menurut saya tridinamika masih berkonsentrasi pada daerah2 yang sarat akan kebutuhan listrik, untuk daerah terpencil belum terlalu menjadi prioritas, tapi itu merupakan masukan yang bagus karena yang membutuhkan management listrik yang bagus dan baik, bukan hanya kota2 besar.

      Admin juga mau mengklarifikasi bahwa secara umum, kerja tridinamika adalah untuk membantu perusahaan lain dalam management listriknya dan lingkungan kerja :) Bisa saja perusahaan atau institusi yang ada di Pasirpangaraian menjalin kerjasama untuk meningkatkan kualitas dan management perusahaan atau institusi yang ada disana :) untuk itu bisa menghubungi alamat TRIDINAMIKA yang telah tertera di blog Admin ;)

      Terima kasih :)

      Delete
    6. Owh saya rasa cukup dengan yg anda berikan dan terimaksih atas penjelasannya.........

      GOOD LUCK
      semoga ini dapat membantu dan memperbaiki pemadaman listrik yang sering terjadi

      Delete
    7. sama-sama gan :D
      sebenarnya saya agak puyeng juga jelasinnya :P
      tapi untuk lebih jelasnya agan bisa langsung berkunjung ke website tridinamika atau bisa melalui email di: tridi@tridinamika.com

      Terima kasih atas kunjungannya :)

      Delete
  14. I'm really impressed by your blog! Keep up the great work and enjoy writing!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks monica ;) for visiting my blog and being my friend
      you're a good guitar player :D
      Keep blogging share your experience, I've seen your blog which is in Wordpress. That's cool. I've read your post about "Mushroom taste like meat". cool ;)
      Hopefully you'll be safe for the trip to Italy :)
      We wish you luck :)

      Delete
  15. kerennn brotha lanjutkan... by Diaz Fernando..

    ReplyDelete
  16. i read all of them,,so creative,,,keep blogging and inspire other by your script..:0..good job,,

    ridwan

    ReplyDelete
    Replies
    1. but actually I need more critics to know more about my weaknesses :) Thanks by the way

      Delete
  17. TRIDINAMIKA bisa jadi solusi yang bagus buat management listrik di Indonesia sehingga tidak perlu adanya kebakaran dan ludesnya jutaan bahkan milyaran rupiah karena arus pendek litrik

    bagus.. berjuang terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas kunjungannya.
      Memang benar, lebih baik kita lakukan tindakan preventif dari pada harus berakhir dengan kebakaran :)

      Delete
  18. Nice info Min. Semoga bisa dimanfaatkan bagi byk orang. Terus brkarya!!

    ReplyDelete
  19. Kesalahan kita sering lupa actionnya gan. Tapi emang semua harus dari ide dulu... Let's do it together...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget :) Mudah-mudahan kita jangan cuma nomong dan no action. kalo kata orang kita, "Tong kosong nyaring bunyinya". Mari wujudkan ini bersama TRIDINAMIKA. :)

      Thanks udah mampir gan ;)
      blog agan mantap juga :D keren euy...

      Delete
  20. masalah listrik emang selalu bikin jengkel... mengingat hampir semua aktivitas sekarang pakai listrik... mudah2an ada solusi... (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia gan, apalagi kebutuhan akan listrik udah menjadi kebutuhan primer :) mau ga mau kita harus melakukan aksinya nyata bersama tridinamika :)

      terima kasih atas kunjungannya ;)

      Delete
  21. Apa anda mempunya usulan lain selain TRIDINAMIKA.....?
    Sdangkan di indonesia mungkin banyak orang yang belum mengetahui apa itu TRIDINAMIKA dan apa kegunaannya,........
    Apa hnya dengan cara membangun PLTA dan TRIDINAMIKA saja yang harus di lakukan..
    sdangkan akan ada lagi kendaraan yang akan di produksi menggunakan tenaga listrik......
    apa hanya dengan cara itu kita bisa melakukannya?apa tidak ada lagi tindakan yang relatif dan mudah di gunakan.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu benar, negara ini krisis akan listrik. tapi solusi dini yang bisa kita lakukan adalah dengan menghemat pengunaan listrik kita. Jika kita hanya menuntut pemerintah untuk membangun pembangkit listrik yang baru, berapa tahun yang kita butuhkan? berapa dana yang akan dihabiskan?

      itulah mengapa Admin cukup jengkel dengan keadaan listrik di Indonesia, dan permasalahan listrik ini bukan hanya tugas pemerintah, tapi juga tugas rakyatnya.

      Tentu cukup sulit untuk menggerakkan hati pemerintah, oleh karena itu admin memulai dari rakyat dulu yaitu pembaca, karena jika rakyat sudah sadar, mudah bagi kita untuk mengubah pemerintahan. karena rakyat yang mebangun pemerintah, bukan pemerintah yang membangun rakyat. Itulah solusi dini yang admin tawarkan yaitu dengan berhemat melalui TRIDINAMIKA. :)

      Delete
  22. While simple wooden tilt-up doors can be steel or aluminum.
    There are many online retailers at affordable prices.


    my site ... *#*

    ReplyDelete
  23. Bru dengar nih ada "TRIDINAMIKA" :D
    bagus bagus.. perlu d terapkan :D
    hmm, curhat dikit nih gan, gara2 listrik di rumah ane sring mati, tunggakan biaya listrik ane jadi lebih mahal dari sbelumnya, krna spannning nya berputar ga karuan. :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. :)
      ane ga begitu mengerti masalah listrik gan. Mungkin agan bisa menggunakan jasa tridinamika, boleh dicoba :D

      Delete
  24. Saya rasa ini info yg sangat bagus,
    Apalagi masalah listrik saat ini sangat cetar membahanaa :D
    mudah2an solusi ini sngat berguna :)

    ReplyDelete
  25. That is good idea, I like it.
    I hope the electricity problem in Indonesia can solve soon especially in Pekanbaru. I am really mad when blackout at my home, I didnt take a bath for two days, huuufftt.. Hope this solution work well. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha..
      Really? :D
      itu sih DL :P
      kan ada tetangga sist :D
      ini sih bukan masalah listrik lagi.., tapi udah jadi masalah Bau Badan :D Solusi yg ada butuhkan selain Tridinamika adalah REXONA, setia setiap saat :D LOL

      Delete
  26. thanks dude..
    and thanks for visit whoever you are :)

    ReplyDelete
  27. holly molly, what an idea. great job broda..keep on going ;)

    ReplyDelete
  28. keren ya blog na..
    sukses ya :)

    ReplyDelete
  29. ahmadddddddddd
    blog na keren poenya,,moga sukses ya :)

    ReplyDelete
  30. Good luck gan........
    dan semoga ada pihak2 yang bisa membantu.........

    ReplyDelete
  31. keren banget..
    terus menulis :)
    mudah-mudahan tridinamika ini bisa menjadi solusi untuk Indonesia :)

    ReplyDelete
  32. postingannya bagus,,,
    mudah2an perubahan yg d mulai dari diri kita sendiri membawa pengaruh besar wat qta k depannya,,,
    AAMIIN...

    ReplyDelete
  33. wow mr ahmad udah punya blog kunjungin balik ya blog ikhsan deadsoftwarelife.blogspot.com
    https://www.facebook.com/ikhsan.jagoan1
    kalau mau edit blog tanya aja ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. :D iya nih..
      waduh.. ngerjain mr yah!!
      awas!!!

      jangan lupa baca postingan Mr ;)

      Delete
  34. Keren banget!!
    Good job, tulisannya mudah dipahami.:)

    ReplyDelete
  35. bagus juga artikelnya untuk mengatasi masalah kelistrikan

    ReplyDelete

Jangan lupa komentarnya yaaah ;D
Bisa juga comment as Anonymous(Tanpa nama), jika tidak ada akun atau blog. Bisa juga mengomentari dengan Akun Facebook di kolom paling bawah :)

Your Comment (Facebook or Yahoo)